Selasa, 08 Desember 2015

PALANG PINTU PERLINTASAN KERETA API OTOMATIS


             Kami akan membuat palang pintu kereta otomatis. Kalau biasanya kan dijaga oleh petugas KAI,kalau ada kereta mau lewat bapak petugas langsung menutup palang pintu sampai kereta benar-benar lewat dan kemudian membukanya kembali.
       Penjaga palang pintu tugas nya luar biasa kan,menjaga keselamatan pengguna jalan termasuk kita.dan tidak mengenal hari libur(paling gantian shift)lebaran juga tetap masuk dan harus tetap terjaga.Nah kalau pas ngantuk gimana?kalau pas capek gimana?kalau pas lupa/lengah?Nah untuk itu kami akan membuat palang pintu kereta secara otomatis.
         Selain untuk mengurangi”human eror”alat ini dapat juga dipasang di palang pintu yang tidak berpenjaga.Dengan alat ini ketika ada kereta datang maka palang pintu secara otomatis akan menutup dan membuka sendiri,tanpa petugas jaga.

         
                                             
          
       Prinsip dasarnya sederhana,kita pasang 4 sensor untuk mendeteksi kereta yang lewat,dapat memakai sensor “cahaya terhalangmenggunakan pasangan LED infrared + photodioda,kedua led ini diposisikan berhadapan.


               Sensor ini juga dapat dipakai untuk mendeteksi benda/objek yang lewat,apakah yang lewat kereta api atau benda lain berupa hewan atau manusia dan benda-benda selain kereta api yang mengenai sensor,bisa-bisa palang pintu tertutup secara otomatis.
          Untuk mendeteksi kedatangan kereta api,maka sensor “kedatanganakan mendeteksi perubahan   logika dari 1 ke 0,sedangkan sensor untukkereta sudah lewatmenggunakan logika dari 0 ke 1.Dimana ketika kereta masih berada di perlintasan akan menghalangi sinar infrared (kondisi logika 0).setelah semua rangkaian lewat maka sinar akan kembali mengaktifkan logika 1 pada photodioda.
         Untuk membedakannya maka perlu tau kecepatan bendanya,caranya dengan menghitung waktu antara objek mengenai sensir 1 dan sensor 2. Jarak sensor kita buat 1 meter.waktu kecepatan tempuh dari sensor 1 ke sensor 2 akan dihitung oleh timer mikrokontroler.Rangkaian simulasi memakai LDR sebagai sensor ,motor stepper untuk membuka-menutup palang pintu

                                          
 
 
                      

        Demikanlah hasil dari tugas saya , jikalau ada kata-kata yang salah atau kurang berkenan dihati anda, Saya Mohon maaf .. Salam hangat dari penulis Muhammad Nuriswansyah. :)

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Poskan Komentar